BERBAIK DIRI DALAM IMAN, ILMU, AMAL, AKHLAK

JIWA INI NYATA TELAH DIPERJUALBELIKAN UNTUK KEMENANGAN, MENUJU JANNAH YANG DINANTI

catatan manis

Selasa, 07 Juni 2011

daerahku

Pingin aja nulis tentang kondisi tempat yang saya tinggali saat ini, saat ini, entah nanti, ya memang saya dari lahir hingga sekolah dan kuliah pun masih tetap di kota ini, di kabupaten malang, yaa bolehlah berkata ni saya asli putri daerah lho, mulai dari SD hingga kuliah pun selalu dibiayai Negara, ya semuanya negeri   semuanya masih di malang, secara pengalaman studi ke luar kota blm saya rasakan, namun pasti ada cita untuk merantau. Maka sebaiknya ni ilmu pun nyangkut unt kesejahteraan daerah saya dong itu sih pemikiran idealis saya, yang sejak memutuskan memilih jurusan IESP (Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan) ni julukan tahun 2006, yeee ada yang mengaduk jiwa ketika hendak memutuskan dia pilihan saya, Saya ingin tahu ilmunya orang kaya, saya ingin membangun daerah ini, saya ingin kaya dan bla, bla, bla lah pokeke saya dulu idealis banget sampe jadi maba pembangkang.. aah yang ini ntr dulu ceritanya, nah saat studi di FE UB ni ya banyak yang saya peroleh, walau ada banyak efek sampingan dari memilih disini yaitu jadi doyan banget organisasi. Ups balik ga mau cerita tentang saya dulu, tapi mau bantu joko roro kabupaten malang aaah dengan mencoba mencurahkan apa yang tergambar dalam daerah saya kabupaten malang, tepatnya saya hari ahad kemarin tanggal 5 juni setelah menghadiri pernikahan kawan nah saya menyempatkan masuk stadion kanjuruan (itu loh stadion kebanggaan persema yang berhasil mencetak timnas kayak irfan B. tu)yaa secara saya berani berbangga bahwa daerah saya punya potensi besar ni terutama bidang perolah ragaan yang terkenal dengan persemanya dan arema ntuh, walau secara langsung saya tak pernah liat pertandingan mereka di stadion (wiih jangan deh rame bener, klo dah mereka main), maaf-maaf ni obrolan jadi kemana-mana, sebenarnya saya mampir ke stadion itu karena mata saya terusik dengan spanduk yang bertuliskan Jambore Pemuda Indonesia tanggal 1-6 Juni 2011 yang didatangi oleh pemuda se Indonesia, nah saya ngerasa masih pemuda abis ni ok aku niatkan masuk walau harus celingukan sendri tanpa teman, hanya motor yang menemani, hehee.
Ada banyak hal yang menarik disana banyak pameran potensi daerah yang disuguhkan dalam acara tersebut, dari 33 kecamatan hingga perdinasan di kabupaten malang, sempat berbincang pula dengan joko roro kabupaten malang, dari perbincangan dengan mereka banyak pemaparan tentang oetnsi kabupaten malang yang luar biasa seperti pariwisata mulai dari wisata alam, wisata hunian, wisata budaya, wisata religi hingga wisata-wisata buatan, namun belum ada wisata hati dan wisata pendidikan ni.. hiksss padahal pingin ni kabupaten lengkap kayak di jogja ntuh..tapi gpp kabupaten malang tetap keren, hehee .  ok dari berbincang dengan joko dan roro saya jalan-jalan menyusuri stan-stan mengintip potensi per masing-masing kecamatan walau ga beli ga papa tapi dapat ilmunya. Ya jalan-jalan kayak reporter gitu deh, dan moto-moto produk mereka (obsesi reporter belum kesampaian ni)
Ok kabupaten malang yang memiliki luas lebih dari  4.778,37 km2 dengan batas-batas kab.pasuruan, jombang, mojokerto, lumajang, probolinggo bahkan kabupaten malang ini mengelilingi kota malang dan batu lho..luas banget kan? Wah mungkin kalo dah di luar negeri bisa jadi negera sendiri kali ya, hehehe. Ya dari luas itu Alhamdulillah Allah mengkarunia banyak kandungan di bumi arema ini lebih dari tambang batua-batuan di muka bumi arema ini mulai dari batu gamping, kalsit, bentonit pasir besi hingga marmerpun ada. Ya secara kabupaten malang ni memiliki curah hujan yg cukup tinggi yang didukung oleh daratan yang potensial menumbuhkan batuan tersebut.
Selain bebatuan ni di kabupaten malang juga tumbuh subur daerah pariwisatanya baik pariwisata pantai, gunung, wisata seni rupa,  coban hingga budaya dan religi jadi ntr teman-teman kalo mau ke kab malang siap deh mau ke wisata apa, namun sayang dari wisata-wisata yang keren ini blm terkenal banget kayak di kota lain, sebut saja wisata yang keren itu ada di kecamatan singosari ada candid an budaya kerajaan singosari yang keren abis, kemudian ada pantai miniature tanah lot di bali ya pantai bale kambang, di bagian selatan kabupaten malang tepatnya di desa srigonco kec.bantur.. wii bagus ni pantai.. tp selain bale kambang kabupaten malang masih punya lagi lho, baiklah saya sebut atu-atu ya:
Pantai sendang biru, p.bale kambang, p.bajol mati, kemudian beralih ke wisata coban rondo, kebun apel ponco kusumo, pemandian wendit, kebun the wonosari, wisata budaya gunging kawi, situs shingasari, kasembon rafting, ponpes salafih dengan masjid yang tinggi. Ok itu dsari wisatanya, baik ntr kalo teman-teman mau ke malang tinggal pilih aja, heheee
Baik soal industry olahan kabupaten malang memiliki banyak potensi ada industry olahan kripik buah, ada batik khas malang, industry topeng, industry pengolahan bahan pertanian. Nah inilah potensi yang dapat menjadikan kabupaten malang mandri seperti visinya bupati Bapak Rendra kresna membangun kemandirian masyarakat.. waah pak ini juga salah satu misi saya lho menjadi kokoh dan mandiri, berarti kita sama ya pak ( hahaaaa… ) ok.. sebagai insane yang pernah belajar di fakultas ekonomi berusahalah sedikit member kontribusi untuk kabupaten tercinta ini ya dengan nulis ini dan ikut mempromosikan kabupaten malang, kan ndak harus jadi joko roro tho?
Ok, ok apa sih maksudnya ni tulisan ya pingin promosi aja tapi ada hal yang ingin saya harapkan bisa terwujud di kabupaten malang ini, ada wisata pendidikan.. upss ini salah satunya tapi bukan inti banget dari focus saya.
Di kabupaten malang yang memiliki jumlah penduduk 2.419.822 jiwa yang sebagian beragama islam bahkan ada beberapa kecamatan yang terkenal dengan budaya keislaman mereka yang kental terbukti dengan adanya sekitar 700an pesantren yang tersebar di 33 kecamatan kabupaten malang, nah seharusnya ni kabupaten bisa menjadi ladang subur untuk pengembangan potensi ekonomi islam di kabupaten malang, ya ndak harus ada lembaga keuangan syariah yang menterang dan banyak gitu tapi untuk awalan ingin menciptakan masyarakat yang sadar akan prinsip berekonomi islam (wiiiiii..ini mah), semoga saja mulai dari diri saya, desa binaan saya dulu lah ntr dr kecamatan, kab kemudian ke Indonesia nah kan emang trennya ekonomi islam di Indonesia ini bukan dari Top ke down tapi beriiringan dari down juga iya dari top dimaksimalkan, ini hasil baca artikelnya pak ali sakti dg judul ekonomi islam manzhab Indonesia waah pak makasih setiap kata-kata yang tertulis menginspirasi sekali, ya sementara didaerah dulu deh, ntr klo ada kesempatan ke pusat, heheee…
Oh ya saya berani berencana dan memaksimalkan tentang penerapan prinsip ekonomi islam ini karena pemerintah kabupaten malang interest dengan perindustrian di kab malang dan potensi masyarakat yg menjunjung religiusitas  walau masih banyak kasus moral yang ndak enak didengar seperti tingginya angka percerain dan punggunaan narkoba di usia remaja, inilah PR bersama, aaah selain itu masih banyak sisi positifnya kok. Ok optimis diri ini bisa dan kabuaten malang.. lho…. Bissmillah deeh..
Menuju kabupaten malang berhati mulia.. hahaaa.. ini ga bermaksud kampanye jadi bupati lho J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar