BERBAIK DIRI DALAM IMAN, ILMU, AMAL, AKHLAK

JIWA INI NYATA TELAH DIPERJUALBELIKAN UNTUK KEMENANGAN, MENUJU JANNAH YANG DINANTI

catatan manis

Jumat, 25 Februari 2011

resensi : keajaiban belajar


Keajaiban belajar

“Jika engkau ingin dunia, raihlah dengan ilmu.

Jika engkau ingin akhirat raihlah dengan ilmu.

Jika engkau ingin meraih keduanya, raihlah dengan ilmu” begitulah pembuka dari buku ini dalam tetrabook yang pertama. Buku ini ditulis oleh yun sirno seorang praktisi pendidikan yang sudah menerapkan dengan berbagai metode belajar mengajar yang beda dengan yang lain.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca bagi pembelajar, pekerja, pendidik serta orang tua.

Buku ini dibagi dalam empat tetra book dimana masing-masing tetranya memiliki keistimewaannya sendiri-sendiri. Awalnya kita akan disugguhkan dengan motivasi yang luar biasa untuk mencintai ilmu, sejarah hebat manusia, tokoh-tokoh yang tidak menyerah, modal yang kita miliki, memanfaatkan kondisi, harapan, pujian, semua bisa, Indonesia bisa dan khusus muslim. Seakan kita termotivasi kencang untuk segera meraihnya, meraih ilmu, merasa kita sangat butuh ilmu dan kita adalah orang-orang hebat ni. Pembukaan yang begitu menawan dengan sajian yang memukau mata sebagai awal pertemuan buku guna melayangkan cita dan cinta belajar. Dalam tetrabook yang pertama kita diperlihatkan tentang kenapa yahudi pintar, potensi otak, pujian yang jarang kita ketahui, Itu semua terangkum dalam tetrabook 1: 10 kiat motivasi.

Selanjutnya menapaki halaman berikutnya kita dihamparkan dengan pemandangan yang indah mengenai 14 kiat sukses dalam tetrabook kedua, disini kita akan diajak untuk menatap, menata serta dibentangkan cara-cara untuk belajar yang efektif menurut penulis, bagaimana mudahnya apa yang kita pelajari menjadi kebahagiaan tersendiri, disini akan disuguhkan hamparan kiat-kiat belajar sukses tanpa ketertekanan serta selalu merasa happy dengan belajar, ada hamparan untuk belajar yang tidak biasa. Penulis berani untuk menyarankan tidak hafalan maupun menulis saat kita belajar, ada metode khusus yang ditawarkan oleh penulis dalam menyiasati seni belajar yang lebih indah, metode-metode yang jarang diterapkan di sekolah konvensional saat ini dan jarang kita duga metodenya.

Nah selain kita belajar, ditetrabook selanjutnya kita akan menyimak pemandangan mengenai seni mengajar, awal pembuka dihadapkan dengan rahasia-rahasia belajar dan mengajar yang efektif. Dalam tetrabook yang ini diberi nama secret of learning. Jika sudah menapaki halaman ini kita akan terkesima dengan metode belajar dan mengajar yang jarang diterapkan dalam pendidikan negeri ini. Ada beberapa paradigma yang perlu banyak diketahui oleh para pendidik maupun orang tua dalam mendidik secara efektif. Dihadapkan pada hamparan ilmu yang banyak “menganggukkan” kepala kita ketika melihat halaman demi halaman dalam tetrabook yang ini kemudian merencanakan langkah untuk perbaikan pendidikan, disinilah penulis menyuguhkan pemandangan buku yang begitu indah dengan memaksimalkan otak kanan sehingga senang dan mudah mencapai alam bawah sadar ketika membacanya akan memudahkan ilmu masuk. Maka penulis tidak hanya memberikan tips-tips rahasia belajar dan mengajar tapi juga membuktikan dari hamparan buku yang di suguhkan, pembaca akan terkesima dengan metode-metode yang jarang ada namun menjadi solusi pendidikan. Disini kita akan bertemu dengan metode bagaimana menciptakan kelas yang kondusif, menyenangkan, bagaimana membuat murid betah belajar, bagaimana belajar semakin dicintai murid, bagaimana berada dikelas ilmu senantiasa dinanti dan dirindu. Penulis memaparkan secara gambalang dalam tulisan ini karena sebagian besar apa yang tertulis dalam buku adalah pengalaman penulis ketika mengajar dan belajar, berusaha tak hanya teori namun pengalaman yang dihamparkan. Bagaimana mengajar dengan hati, menggunakan metode nabi serta menyeimbangkan 5potensi yang ada selain IQ, EQ, SQ penulis juga memaparkan dua lagi potensi dalam diri manusia.

Maka layak bagi pembelajar sejati, pendidik, orang tua mencoba menyaksikan sajian yang menawan dari buku “ KEAJAIBAN BELAJAR” yang memberikan paradigm tersendiri bagi pembaca.

“membongkar kesalahan belajar mengajar selama ini yang mengakibatkan proses belajar tidak menyenangkan dan hasil yang diraih jauh dari memuaskan. Saatnya mengubah metode belajar mengajar kita”

http://keajaibanbelajar.blogspot.com/

http://sbsmalang.blogspot.com/

dalam blog saya

http://halwa-pembelajar.blogspot.com/

resensi oleh reni wulandari

1 komentar:

  1. Assalamualaikum...
    syukron telah berkunjung ke zona cahayamata ukhty..
    afwan ngebalas messagenya lama. karena udah jarang buka FB...tadi kayagnya juga jaringan macet pas balas di fb..jadi kamin ke sini ja
    langsung aja ya.. :)

    untuk chatbox, buka aja link nya. klik tulisan cbox yang ada di pinggir kanan bawah :
    http://cbox.ws/?r=4-3827223


    kemudian untuk nasidnya, juga sama..klik aja icon music :

    http://fullmusik.co.cc/

    pilih nasyidnya, coy code yang muncul, kemudian pastekan di add gadget html yang ada di rancangan ukhty..
    begitu aja..
    selamayt mencoba!!
    semoga sukses ya... :D

    BalasHapus