BERBAIK DIRI DALAM IMAN, ILMU, AMAL, AKHLAK

JIWA INI NYATA TELAH DIPERJUALBELIKAN UNTUK KEMENANGAN, MENUJU JANNAH YANG DINANTI

catatan manis

Rabu, 27 April 2011

Jadilah Pebisnis Sejati

1. Jika Anda punya bisnis pastikan tidak bergantung pada Anda tetapi bergantung pada sistem (Jamil Azzaini)

Penjelasan:
Banyak orang yang keluar kerja kemudian membangun bisnis dengan alasan waktunya tidak bebas dan terikat. Faktanya, setelah punya bisnis tetap saja tidak punya waktu buat keluarga dan orang-orang yang dicintainya. Supaya Anda tidak termasuk kelompok yang ini, Anda harus menciptakan “sistem” diusaha yang Anda bangun. Usaha Anda tetap berjalan meskipun Anda tidak ada (sakit, jalan-jalan keluar negeri, pergi ke tanah suci dll).

Saya membangun PT Kubik Kreasisisilain bersama mas Farid Poniman dan Indrawan Nugroho, selain menunjuk tim manajemen saya melakukan kaderisasi trainer sehingga tanpa kehadiran saya perusahaan tetap berjalan dan banyak training yang juga diisi oleh kader-kader yang sudah saya latih dengan intensif. Hasilnya, bisnis tetap berjalan bahkan dengan skala yang lebih tinggi meskipun saya tidak datang ke kantor.

2. Modal utama bisnis bukan hanya uang, tetapi reputasi, relasi, keahlian dan modal sosial lainnya (Jamil Azzaini)

Penjelasan:
Pengalaman saya dan orang-orang bisnis yang saya temui ternyata reputasi dan relasi yang mendatangkan uang. Jadi bila Anda mengalami kesulitan modal dalam bentuk dana mungkin Anda belum punya reputasi atau relasi Anda yang terbatas. Saran saya perbanyak hal-hal yang tak tampak (social capital) sebelum Anda membangun bisnis. Tunjukkan bahwa Anda bisa dipercaya, punya integritas, selalu memberi yang terbaik, tak pernah ingkar janji.

3. Bila Anda berbisnis jadilah yang pertama, jika tidak bisa jadilah yang terbaik dan jika tidak bisa maka jadilah yang berbeda dari orang lain (Bob Sadino via Imam Suyono)

Penjelasan:
Banyak orang bisnis yang ikut-ikutan. Orang lain bisnis lele, ikut-ikutan bisnis lele. Orang lain bisnis jangkrik ikut bisnis jangkrik. Biasanya follower lebih sering kalah dibandingkan pendahulu. Bila Anda jadi pengikut maka berusahalah untuk menjadi yang terbaik atau jadilah yang berbeda.

Terima kasih. Salam SuksesMulia!

Bila Anda merasa hal ini bermanfaat, silahkan Anda share ke yang lain.

http://www.jamilazzaini.com/jadilah-pebisnis-sejati/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar