BERBAIK DIRI DALAM IMAN, ILMU, AMAL, AKHLAK

JIWA INI NYATA TELAH DIPERJUALBELIKAN UNTUK KEMENANGAN, MENUJU JANNAH YANG DINANTI

catatan manis

Senin, 18 April 2011

Pesan Kartini



...Kami akan menggoncangkannya, Ibu sayang, dengan segala kekuatan walaupun yang akan runtuh cuma satu butir batu saja, maka kami akan merasa bahwa hidup kami tidak sia-sia...

(Surat Kartini kepada Ny. MCE Ovink-Soer awal tahun1900)

Citanya yang luar biasa untuk senantiasa menjadi manusia yang bermanfaat, yang hidup tak sia-sia, menjadikan bangsa ini mengenal dan mengerti akan esensi perjuangan seorang wanita. Kartini yang terus berkarya tanpa henti memiliki motivasi tinggi untuk mencintai sekitarnya dengan memberikan semua citanya untuk negeri. Dia mempunyai banyak karya yang menyejarah. Dia menjadikan gelap menjadi terang, yang dulu diremehkan dengan keberaniaannya menulis dan berkirim surat maka ia dapat menginspirasi dan mendidik, menjadikan cahaya ditengah kegelapan.

Sifat modern, bangsawan serta religiusnya Kartini menghantarkan karater yang kokoh untuk mendidik putrid-putri bangsa, ia tak pernah gentar walau banyak hinaan, cemoohan, ketidakadilan, namun ia tak lelah untuk terus belajar, menulis, koresponden, serta mendidik perempuan-perempuan yang papa. Menulis yang mengantarkan dia memiliki karakter tersebut, menulis yang menjadikan banyak wanita terinspirasi olehnya.

...Teman kami ingin melihat saya bekerja dengan pena saya untuk menaikkan derajat bangsa kami. Saya harus menerbitkan majalah atau yang sejenis dengan itu, yang membela kepentingan rakyat dan saya yang memimpin redaksinya. Atau, saya harus menjadi pembantu harian dan majalah terkemuka di Hindia, dan di situ menulis karangan-karangan yang tajam, yang harus membuat orang terbangun bahkan membuat orang-orang yang tidur nyenyak terkejut bangun!!... (Surat Kartini kepada Estelle Zeehandelaar 11 Oktober 1901)

Inilah yang mengisnpirsai kami, untuk tak henti menulis, di era digital ini, dengan menulis menjadikan banyak orang yang terinspirasi dan terdidik. Saat ini internet bukanlah hal yang sulit bagi wanita, ia sangat mudah sebagai penebar inspirasi, penebar ilmu serta wacana yang berkemanfaatan, maka wanita saat inipun mempunyai peranan penting dalam pengembangan era ni. Ada fakta menarik yang layak dibagi tentang perempuan dan internet. Saat ini, persentase perempuan pengguna internet di Indonesia adalah 36%. Bandingkan dengan laki-laki yang masih ‘berkuasa’ dengan angka pemakai internet 64%. Mengapa wanita mempunyai peranan penting yang bukan berarti wanita harus mempunyai kedudukan yang sama dengan lelaki, mencari-cari kelebihan agar dianggap lebih tinggi dari kaum lelaki seperti yang didengung-dengungkan kaum feminisme. Bukan namun perannya sangat penting disini ditinjau dari beberapa aspek psikologi yaitu

Wanita memiliki intuisi yang lebih tajam daripada pria. Ketajaman intuisi ini bergantung pada ketajaman emosional seseorang yang didasari oleh penghayatan
batiniah, kemampuan mawas diri, dan relasi psikis dengan subjek yang
diminati. Dari sini wanita dapat lebih peka terhadap sekitar, lebih mampu untuk menuliskan dengan kepekaan hati jikalau ia sering diasa, jiwanya yang halus menjadikan sosial skillnya lebih dominan daripada lelaki, maka saying sekali jika lebih banyak wanita yang berdiam diri dalam memanfaatkan potensi yang luar biasa dalam diri untuk menginspirasi dan menebar manfaat bagi sekitar.

Darisinilah masih sangat dibutuhkan wanita-wanita yang mempunyai kepekaan yang tinggi kemudian ia mampu bertebaran dimuka bumi untuk saling menginspirsai, membatu, menolong serta melakukan perubahan besar dari media internet. Kita telah banyak tau bahwa kasus-kasus yang muncul diinternet seperti kasusnya prita dan beberapa TKW pun terungkap dari wanita dan media, kepekaan yang mendatangkan perubahan itulah peran wanita saat ini.

ditulis untuk mengikuti lomba tentang peran kartini masa digital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar