BERBAIK DIRI DALAM IMAN, ILMU, AMAL, AKHLAK

JIWA INI NYATA TELAH DIPERJUALBELIKAN UNTUK KEMENANGAN, MENUJU JANNAH YANG DINANTI

catatan manis

Kamis, 14 September 2017

Tantangan 8.1 (Cerdas Finansial)

Kamis, 14 Sept 2017
tantangan 8.1
Reni Wulandari

Bismillah..

Kembali berjibaku dengan tugas peradaban, sudah masuk level 8 ya, semoga Istiqomah untuk ini.

Kali ni materi di level 8 tentang melatih anak cerdas finansial.
Nah untuk emak emak yg blm memiliki buah hati maka tugasnya merekap, membuat anggaran dan menulis alur keluar masuk keuangan keluarga.

Alhamdulillah berbinar banget dapat tantangan ni, bisa melatih untuk senantiasa menjaga arus keuangan keluarga. Dan sejak saya kuliah dulu, aktif di organisasi ekonomi Islam saya sangat fokus bagaimana membelanjakan uang itu dengan sebaik mungkinkah, walau setelah dievaluasi banyak hal yg hampir beda dengan ideologi saya waktu kuliah dulu. Kalau dibaca kembali tulisan saya sktr 7 tahun lalu pasti banyak bahas tentang perekonomian, hmm jadi rindu..

Eh cus balik ke topik tugas ya.
Saya akan menceritakan bagaimana kami mengelola keuangan rumah tangga. Terutama bagian managenya.

Saya mulai merapikan keuangan rumah tangga sejak akhir tahun 2015 tp akhir tahun itu blm sampai membukukan, terpikir untuk merapikan keuangan rumah  tangga setelah setahun pernikahan dan setelah membaca dua buku yaitu sakinah finance dan bunda manager keluarga banyak inspirasi di situ, tambah lagi baca buku keluarga muslim cerdas finansial semakin bulat tekat saya untuk Istiqomah membukukan. semua keuangan keluarga.
Sampai hampir 2 tahun  saya merapikan keuangan keluarga, sudah mencetak 5 buku keuangan, nah.... banyak ya... dan di semester genap tahun 2017 ada beberapa pembaharuan yaitu pembukuan keuangan bisnis dan keluarga dipisah kalau tahun lalu masih menggunakan satu buku karena saya masih kerja dan blm fokus bisnis jd masih digabung sekarang udah pisah.

Oh ya isi buku itu apa,bagaimana saya mengolah keuangan...

bagaimana mengolahnya dulu ya..
setiap menjelang awal bulan saya selalu buat RABK(Rencana Anggaran Bulanan Keluarga) untuk diajukan ke suami, setelah dibuat, kemudian disetujui baru awal bulan cair, nah untuk menjaga konsistensi keluarnya uang maka selalu ditulis uang keluar berapa, sudah sesuai anggaran belum.

Sekarang saya akan cerita tentang buku apa saja yg dibukukan dalam keuangan rumah tangga kami dan referensinya apa.
Buku referensi
1. sakinah finance (Ndak kefoto karena dipinjam)
2. bunda manager keluarga
3. keluarga muslim cerdas finansial
4. produktive jurnal for smart mom (ni buku jurnal sih)

untuk pembukuan
1. buku RABK Dan laporan keuangan tahunan (ga sampe setahun buku SDH habis, ketauan banyak transaksi)

2. buku nota (ni penting juga ya saya selalu nyimpan struk belanja yg kemudian saya tempel di buku tersendiri,fungsinya ntr deh ditugas selanjutnya dijelasin)

3. buku rencana anggaran bulanan ni masuk di produktive jurnal for smart mom

untuk bisnis
1. buku business plan
2. buku pembukuan pemesanan
3. buku transaksi keluar masuk keuangan bisnis

buatnya semua simple banget blm seperti akuntan ya karena maunya simple dan mudah diterapkan.Dan setiap malam saya harus rekap transaksi keuangan keluarga dan ni masuk standard sebelum tidur saya. Hehehehe...

Ribet juga ya, Hmmm iya sih tapi in syaa Allah ni akan mengurangi kebocoran keuangan keluarga karena setiap kita ngerekap pengeluaran pasti akan berfikir,ya Allah ni yang kudu dimanage sebaik mungkin karena kadang dalam sehari keliatan sedikit LBH kebocorannya.

Sementara tugas 8.1 ini pengenalan dulu ya, dan ini sebagai portofolio keluarga kami. .. Lanjut besok In syaa Allah untuk penjelasan masing masing perangkat. Eh ni kayaknya tugas terpanjang yg saya buat, ngalir aja sampe ga kerasa dah panjang.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar