BERBAIK DIRI DALAM IMAN, ILMU, AMAL, AKHLAK

JIWA INI NYATA TELAH DIPERJUALBELIKAN UNTUK KEMENANGAN, MENUJU JANNAH YANG DINANTI

catatan manis

Kamis, 21 September 2017

Tantangan 8.8 (cerdas finansial)

Kamis, 21 September 2017
Tantangan 8.8
Reni wulandari

Hari libur 1 Muharam 1439 H, saya dan suami dapat kesempatan berharga untuk menghadiri acara temaram ya tahun baru hijriyah untuk pondok keponakan, saya mewakili ortu keponakan yang tidak dapat hadir karena jauh tempat tinggalnya maka kami yg hadir. Dalam pertemuan kami dengan keponakan, melihat betapa berharganya dikunjungi keluarga saat belajar dipondok kami berbagi rezeki dengan keponakan dan hal itu sangat membahagiakan sekali untuk keponakan kami, jadi teringat dalam materi delapan ni dalam rezeki kita selalu ada rezeki orang lain, termasuk keponakan kami yg mondok di Malang dan orang tua tinggalnya di Kalimantan, semoga kami amanah untuk menjaga titipan Allah ini.

Nah untuk malam ni saya juga dapat pelajaran berharga terhadap financial saya. Kalau beberapa hari lalu saya kehilangan hp dan saat ni saya dapat ganti dari Allah, eh tp proses mau membelinya lumayan alot dalam pergulatan hati saya. Sebenarnya masih ada satu hp yang bsa saya gunakan, saya merasa blm butuh, namun kemarin malam puncaknya hp itu hang dan td juga iya, sedangkan saya butuh hp untuk transaksi online saya. Saya membutuhkan sekali hp yg bsa diajak kerja cepat untuk pekerjaan online saya, maka dari hasil timbang timbang dan melihat keuntungan bulan ini in syaa Allah cukup untuk membelinya. Sebelum memutuskan beli dari saya, suami sudah bilang akan membelikan tapi saya tidak mau semuanya dari uang suami maka separo separo. Saya berani mengeluarkan anggaran keuangan saya walau tidak terprediksi karena memang ini sangat urgent dan mendesak. Maka diputuskanlah untuk beli sesuai anggaran saya dan ditambahi suami, oh ya anggaran ni saya sendirikan ya, sebenarnya ada budget cukup untuk beli hp tanpa subsidi dari suami tapi itu bukan uang keuntungan itu adalah uang modal yang tidak bsa saya pergunakan untuk konsumsi saya, saya pergunakan anggaran keuntungan bulan ini.

Nah di dalam toko hp pun saya banyak belajar, sebelum membeli hp maka pelajari dulu:
1. Survey di internet hp apa yg dicari, liat spacenya
2. Cari toko yang menjual dengan harga miring
3. Pastikan bugdetnya jangan tergiur dg yang lain
4. Pastikan kebutuhan untuk apa klo kita ga butuh kamera depan yang bagus ga perlu kita beli hp yang kamera depan bagus,
5. Teruslah bertanya pada sales jangan mudah puas
6. Cari hp yang sesuai kategori kebutuhan kita
7. Kelompokan mana saja yang paling sesuai dengan kriteria kita
8. Pilih, timbang bandingkan kelebihan dan kekurangan masing masing hp tersebut.

Saya butuh hp dengan RAM besar, memori internal besar, kamera belakang bagus, baterai kuat...  Kebutuhan ini sebelumnya saya searching diinternet, saya ndak mau salah beli hp, saya teliti dulu. Banyak tawaran hp yang bagus tapi tidak sesuai kebutuhan saya jd mohon maaf saya tidak mengambilnya, semoga ini jadi jalan untuk menjaga amanah harta.
Dan menjadikan hp ini semakin mendekat pada Allah dan jadi alat untuk beramal sholih, semoga bisa jadi hp ini kelak menjadi saksi amal saya di yaumul hisab.

In syaa Allah masih berprinsip seperti dulu.
" apapun yang ada di dalam diri kita, baik harta, jabatan, pendidikan menjadikan ia mampu jadi saksi amal sholih kita, jadi perantara masuk surga bukan menjadikan harta dunia ini malah membawa kita ke neraka"

Bismillah In syaa Allah dunia dan seisinya diciptakan oleh Allah untuk tunduk patuh kepada Allah, sama hal dalam diri kita.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar